; Universitas Budi Darma
info@univ-bd.ac.id 061 7875998
Universitas Budi Darma Sabet 3 Medali GOLD dan 3 Medali SILVER untuk Paper Terbaik di SANISTEK 2021
Kamis, 28 Maret 2024

Kembali prestasi dari mahasiswa Universitas Budi Darma terukir dalam bentuk penulisan ilmiah di 1st Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SANISTEK) 2021 yang diselenggarakan oleh Politeknik Cendana, Medan, Sumatera Utara. Ini merupakan suatu bentuk luaran dari penelitian ilmiah yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa di tahun 2021 yang berupa publikasi ilmiah pada Prosiding Seminar Nasional.
Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SANISTEK) 2021 di gelar oleh Politeknik Cendana, yang menghadirkan 4 Keynote Speaker yaitu:
1. Dr. Ahyar Yuniawan (Universitas Dipenogoro),
2. Dr. Khaira Amalia Fachruddin (Universitas Sumatera Utara),
3. Dr. Wardayani (STIM Sukma), dan
4. Dr. Sutarno (Politeknik Cendana).

Ketua Panitia bapak Fauzi A.M. Hutabarat mengatakan terdapat lebih dari 100 paper yang diseminarkan pada kegiatan ini. Mahasiswa Universitas Budi Darma sendiri mengirimkan sekurangnya 10 paper, dan 6 diantaranya terpilih menjadi paper terbaik. Adapun paper tersebut merupakan hasil dari kegiatan perkuliahan yang dilakukan pada beberapa matakuliah dan dijadikan dalam bentuk penelitian mahasiswa baik secara mandiri maupun bersama dengan dosen.

Adapun judul paper terbaik dari Universitas Budi Darma, yaitu:
A. 3 Paper Meraih Medali GOLD
1. Penerapan Metode OCRA dalam Menentukan Media Pembelajaran Online Terbaik di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pembobotan ROC, (Author Mahasiswa: Dwina Pri Indini, Khairunnisa, Nola Dita Puspa, Tesa Aurelia Siregar dan dosen pendamping yaitu Mesran)
2. Penerapan WeightedAggregatedSumProductAssesment (WASPAS) Dalam Pemilihan Duta Bahasa SUMUT (Author Mahasiswa: Siti Hummairoh, Boy E. Pasaribu, Dimas H. Ramadan, Josua Leonardo H. L Tobing, dan dosen pendamping yaitu Lince Tomaria Sianturi)
3. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Penerima Bantuan UKT Dengan Menerapkan Metode ROC dan MAUT (Author Mahasiswa: Wahyu Harry Bai Lumban Batu, Ridho Adrian, Frina Sulastri Simanjuntak, Nurhafni, Kasta Yudha Siahaan)

B. 3 Paper Meraih Medali SILVER
1. SPK Promosi Jabatan Karyawan Dengan Metode ROC, SAW Dan MOORA (Author Mahasiswa: Andreas Gerhard Simorangkir, Fatiyah Saidah, Friska Irma Yanti, Rani Patricia Manalu, dan dosen pendamping Muhammad Syahrizal)
2. Penentuan Kelayakan Mahasiswa Penerima Bantuan UKT Dengan Metode Preference Selection Index Pada Universitas Budi Darma (Author Mahasiswa: Siska Kristiana Simanullang, Rohan Kristini Purba, Dian Aulia Siregar, Yanima Gulo, Randy Hermawan)
3. Analisa Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dengan Pembobotan Rank Order Centroid (ROC) Dalam Pemilihan Lokasi Strategis Coffeshop Milenial di Era New Normal (Author Mahasiswa: Ade Ayunda Kusuma, Zaza Mutiara Arini, Uswatun Hasanah, dan dosen pendamping Mesran)

Kegiatan 1st SANISTEK 2021 di dukung oleh beberapa perguruan tinggi selaku Co-Host, yaitu:
1. Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi
2. Politeknik LP3I Medan
3. Politeknik LP3I Jakarta
4. Politeknik Ganesha
5. Universitas Harapan Medan
6. STIM Sukma Medan
7. STOK Bina Guna
8. Universitas Budi Darma
9. STKIP Al Maksum Langkat